Jumat, 18 Juni 2010

7 Film That Makes Me Cry

Saya sebenernya orang  gak gampang nangis. Ya, seperti kebanyakan laki-laki di luar sana. Tapi, ada film-film yang ternyata sanggup buat air mata ini keluar dengan gak terduga. Awalnya dimulai dengan dada yang terasa nyesek dan berat. Rata-rata sih banyak dipengaruhin sama emosi kita saat nonton film tersebut. Peristiwa yang melatar-belakanginya (selain kita memang terlalu involve dengan film itu sendiri) adalah salah satu sebab kenapa air mata ini keluar secara otomatis plus backsound yang mengiris hati. Ini adalah 7 adegan film yang bisa buat saya nangis.

7. THE GREEN MILE [1999]
Director: Frank Darabont
Who’s emotionally involved? Tom Hanks & Michael Clarke Duncan
Di dunia ini, orang sih sering banget ditentuin baik-buruknya oleh sebuah sistem. Waktu sistemnya gak berfungsi sempurna, orang jahat bisa dibilang baik, demikian sebaliknya. Apa yang dialamin John Coffey (Duncan) memang sedih banget. Gara-gara dia kulit hitam dan fisiknya gede, dia dituduh bunuh dua anak perempuan kulit putih. Padahal dia sendiri berusaha ngidupin dua anak itu dengan kemampuannya. Itu yang buat merinding, waktu tahu akhirnya dia harus duduk di kursi listrik. Upayanya untuk ngidupin tikus dan istri kepala sipir penjara jadi sia-sia. Dia bisa nyelametin orang lain, tapi yang pasti gak berlaku buat diri sendiri…

6. FINDING NEMO [2003]

Director: Andrew Stanton
Who’s emotionally involved? Marlin & Coral
Terus terang, seharusnya gak ada alesan untuk nangis di adegan film ini. Tapi gimanapun, Disney selalu kuat untuk mainin perasaan penonton dengan adegan-adegan yang emosional. Di awal film, sebelum opening credit title keluar, diliatin gimana orang tua Nemo (Marlin dan Coral) bahagia dengan lingkungan dan telur-telur calon anak mereka yang siap netas. Tapi, datengnya ikan pemangsa membuat Marlin pingsan, dan Coral tewas. Hanya satu telur yang nyisa, yaitu si Nemo ini. Meninggalnya Coral ini buat saya syok. Terus terang, saya gak nyangka adegan dramatis harus nongol di awal film yang saya sangka bakal ceria ini. Mungkin saya kepengaruh dengan kelahiran anak saya waktu itu…

5. ARMAGEDDON [1998]
Director: Michael Bay
Who’s emotionally involved? Bruce Willis & Liv Tyler
Lagi-lagi sebuah perpisahan! Hubungan ayah-anak antara Harry Stamper (Willis) dan Grace (Tyler) digambarin sejak awal film gak terlalu deket. Hubungan Grace dengan A.J. Frost (Affleck) juga gak terlalu direstuin papanya. Satu sequence yang buat nangis adalah waktu di monitor muncul pesen terakhir Harry ke anaknya yang ada di bumi. Ngerti sih ini popcorn movie biasa dan standar, tapi tetep aja adegan perpisahan itu buat saya susah nahan air mata.

4. LIFE IS BEAUTIFUL [1998]
Director: Roberto Benigni
Who’s emotionally involved? Roberto Benigni & Nicoletta Braschi
Saya nonton ini jauh sebelum saya punya anak, bahkan waktu itu saya belum nikah. Tapi, saya terkesan banget waktu gimana Guido (Benigni) berusaha mengkondisikan anaknya supaya gak takut sama apapun di luar sana dan tetep bahagia. Susah sebagai orang tua untuk mewujudkan itu, secara di luar sana dunia sedang perang besar. Yang lebih buat nyesek di dada dan akhirnya buat saya nangis adalah gimana si bapak berusaha tegar di depan anaknya, pas tahu istrinya meninggal. Cara Guido nutupin perasaan sedih di hati di depan anaknya memang luar biasa. Pantes dia diganjar Oscar.

3. LEGENDS OF THE FALL [1994]
Director: Edward Zwick
Who’s emotionally involved? Brad Pitt & Karina Lombard
Edward Zwick adalah salah satu sutradara kesukaan saya. Ciri khasnya adalah cerita yang sangat melodramatis, tata kamera yang indah banget (seperti di kartu-kartu pos), dan cerita yang kadang twist and turn. Yang terakhir ini yang buat nyesek di film Legends of the Fall, saat terjadi bentrok senjata di deket tebing antara Tristan Ludlow (Pitt) dan temen-temennya yang bisnis minuman kerasnya baru maju dengan musuh-musuh yang iri sama kesuksesannya. Tembak-tembakannya sih udah beres, tapi pas Tristan balik ke mobilnya, istrinya, Isabel Two Decker (Lombard), kena peluru nyasar. Aduh, itu yang namanya gak enak hati… Sedihnya gak ketahan!

2. FORREST GUMP [1994]
Director: Robert Zemeckis
Who’s emotionally involved? Tom Hanks & Robin Wright
Dedikasi yang ngebuat orang lugu kaya si Forrest ini buat penonton deket. Dia gak pamrih atas apapun, kecuali cinta dan kasih sayang. Saya dua kali nangis atas peristiwa yang dialamin Forrest di sini, yaitu saat baca buku dari Winston Groom dan nonton filmnya. Adegan di mana cinta sejatinya yang selalu dia puja sejak kecil, ilang, ngebenci dia, balik lagi sampe punya anak, ternyata harus meninggal gara-gara sakit, itu jelas momen yang buat saya terharu. Yang lebih nyesek adalah gimana Forrest mau ngabisin waktu sebentarnya itu dengan Jenny (Wright) sebelum meninggal, karena waktu yang sedikit itu adalah yang dia selalu cari sejak dulu. Cinta memang gak rasional…


1. CAST AWAY [2000]
Director: Robert Zemeckis
Who’s emotionally involved? Tom Hanks & Mr. Wilson
Zemeckis lagi, Tom Hanks lagi. Gak nyangka film yang kebanyakan didominasi sama monolognya Tom Hanks ini buat saya nangis. Tepatnya pas temen satu-satunya Chuck Noland (Hanks) di film itu, bola voli bermerk Wilson (dia kasih nama Mr. Wilson), hanyut entah kemana. Waktu Chuck dan Mr. Wilson memutuskan untuk keluar dari pulau dengan rakit buatan, Mr. Wilson jatuh ke laut dan ilang. Chuck sempet ngejar, tapi mereka berdua memang sudah ditakdikan untuk pisah. Hehehe… Gak disangka, waktu itu dada saya udah
.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

blogger templates | Make Money Online