Senin, 08 Februari 2010

Atonement


Atonement adalah film yang diadaptasi dari novel Ian McEwan, yang berjudul sama dan dipuji banyak kritisi sebagai novel terbaik. Atonement disutradari oleh Joe Wright dari naskah yang dibuat oleh Christopher Hampton. Film ini didominasi untuk tujuh Oscar di ajang Academy Award ke-80 untuk Film Terbaik, Adaptasi Terbaik dan Pemeran Pembantu Wanita Terbaik dan berhasil memenangkan satu Oscar untuk kategori Penata Musik Terbaik.
Film yang menjadi pembuka ajang Venice International Film Festival ini mendapatkan puluhan penghargaan dan dominasi dari berbagai ajang penghargaan film internasional, di antaranya British Academy Film Awards, Golden Globe Awards, International Film Music Critics Association Awards, Art Directors Guild Awards, American Society of Cinematographers Awards, Broadcast Film Critics Association Awards, Motion Picture Sound Editors Golden Reel Awards, International Film Music Critics Association Awards.
Film Atonement terdiri dari 4 bagian, mirip dengan novel aslinya yang juga terdiri dari 4 bagian namun di beberapa adegan film ini memperlihatkan beberapa sudut pandang yang beragam.

Film ini dimulai pada satu musim panas tahun 1935 dan mengisahkan tentang Briony Tallis (Saoirse Ronan) seorang penulis muda berusia 13 tahun dari keluarga kalangan atas di Sussex, Inggris. Kakaknya Cecilia Tallis (Keira Knightley), adalah mahasiswa Cambridge University yang kuliah di sana bersama Robbie Turner (James McAvoy), anak dari pembantu rumah tangga keluarga mereka (Brenda Blethyn). Robbie dapat kuliah karena dibiayai oleh ayah Cecilia.

Pada sebuah kesempatan, keluarga besar Tallis mengadakan acara makan malam bersama dan juga mengundang Paul Marshall (Benedict Cumberbatch), seorang pemilik pabrik coklat yang mengadakan kerjasama dengan angkatan darat untuk mensuplai ransum prajurit. Paul Marshal adalah kawan akrab Leon (Patrick Kennedy), saudara laki-laki Briony dan Cecilia. Di saat yang sama, sepupu mereka, Lola Quincey (Juno Temple), mengunjungi keluarga ini bersama dengan kedua adik kembarnya. Sebelum acara keluarga ini berlangsung, tanpa sengaja Briony melihat kakaknya, Cecilia, bercumbu dengan Robbie di kolam air mancur dan memergoki mereka sedang berada di perpustakaan rumah mereka. Briony kemudian menyimpulkan kalau Robbie adalah seorang maniak seks.

Ketika makan malam sedang berlangsung, mereka dikejutkan oleh hilangnya kedua adik kembar Lola. Mereka kemudian berpencar mencari si Kembar, dan sewaktu Briony berjalan sendiri di kegelapan malam, ia menemukan Lola sedang digagahi oleh seorang pria namun tak sempat melihat dengan jelas wajah si Pemerkosa itu.

Briony langsung menyimpulkan bahwa si Pemerkosa pastilah Robbie. Briony kemudian bersaksi di depan polisi bahwa ia melihat Robbie memperkosa Lola yang mengakibatkan Robbie ditangkap dan dijeloskan ke dalam penjara. Apa yang dilakukan Briony ini mengubah drastis jalan hidupnya, Cecilia dan Robbie kemudian.

Cecilia Tallis (Keira Knightley) dan Robbie Turner (James McAvoy), Dua Sejoli yang Bernasib Tragis Hanya Karena Sang Adik yang Naif

Dari sini adegan melompat beberapa tahun ke depan ketika perang dunia kedua berlangsung. Robbie telah kembali bersama Cecilia dan hidup bahagia, walau tak lama karena Robbie harus menjadi sukarelawan tentara Inggris yang bertempur di Perancis. Briony (kini diperankan Romola Garai) bertugas di korps perawat sukarela di medan perang bersama kakaknya, Cecilia, yang menolak berhubungan kembali dengan adiknya ini karena sakit hati atas tuduhannya kepada Robbie. Sebelum berangkat berperang, Robbie berjanji kepada Cecilia untuk kembali dengan selamat. Namun Robbie terluka parah dalam peperangan walau akhirnya berhasil dievakuasi kembali ke Inggris.
Sementara itu si pemilik pabrik coklat, Paul Marshall, yang telah menjadi kaya raya merencanakan pernikahannya dengan Lola Quincey. Briony menghadiri pernikahan mereka dan tersadarkan bahwa ia selama ini telah membuat kesalahan besar. Ia baru menyadari bahwa si pemerkosa Lola dulu tidak lain adalah Paul Marshall yang kini akan menikahi Lola. Usaha Briony untuk memberitahu keluarga dan aparat tidak menghasilkan apa-apa karena Paul telah resmi menikahi Lola.

Adegan kemudian berpindah ke masa tua Briony (kali ini diperankan Vanessa Redgrave), yang sedang diwawancarai mengenai novel terakhirnya berjudul Atonement. Dalam wawancara itu, Briony mengatakan bahwa sekalipun buku yang ditulisnya itu adalah autobiografi, akhir dari cerita di novel itu telah ia ubah. Dalam kenyataan hidupnya, kata Briony, ia tidak memiliki cukup keberanian untuk bertemu kembali dengan saudaranya Cecilia, dan mengungkapkan kebenaran. Robbie Turner meninggal tidak lama setelah tiba kembali di Inggris, dan saudaranya Cecilia tewas tenggelam bulan oktober 1940 dalam sebuah kecelakaan di Balhan tube station. Setelah semua kejadian ini, Briony segera terbenam dalam penyesalan yang mendalam dan menyatakan bahwa di novel terakhir yang ditulisnya, ia membuat akhir kisah yang berbeda dari kenyataan yang ada. Ia mengubah kisah akhir novelnya dengan menceritakan saudaranya, Cecilia dan Robbie hidup bahagia bersama seperti kehidupan dan kebahagiaan yang seharusnya mereka dapatkan. Kehidupan dan kebahagiaan yang pernah dirampas oleh Briony. Novel terakhir Briony itu merupakan bentuk penebusan dosa dari seorang anak kecil berumur 13 tahun yang naif dan yang selalu disesalinya.
Adegan akhir film ini memperlihatkan saat-saat yang menyenangkan antara Cecilia dan Robbie. Sebuah keadaan yang seharusnya mereka rasakan jika saja segala sesuatunya berlangsung berbeda dari yang telah terlanjur terjadi.

Dario Marianelli ketika Menerima Oscar sebagai Penata Musik Terbaik di Acara Academy Award ke-80

Atonement memenangkan Oscar untuk Penata Musik Terbaik bagi Dario Marianelli pada ajang Academy Award ke-80 yang berlangsung baru-baru ini. Dario Marianelli adalah komposer kelahiran Italia, dan telah menjadi penata musik di banyak film termasuk sountrack untuk film The Brother Grimm (2005) dan Pride & Prejudice (2005), dimana Marianelli juga masuk dominasi Oscar. Golden Globe Awards, BFCA Critics' Choice Award for Best Composer, CFCA Awards for Original Score dan World Soundtrack Award for Soundtrack and Soundtrack Composer of the Year, semuanya memberikan penghargaan sebagai penata musik terbaik kepada Dario Marianelli.

Kritisi film memuji film ini sebagai film yang pantas masuk dominasi Oscar walau tak menang, penghargaan sebagai film yang bertata musik terbaik layak diterima Atonement. Majalah TIME memasukkan film ini dalam 'Top 10 Movies of 2007'. Sindikasi penerbitan Amerika seperti Los Angeles Times, New York Post, Rolling Stone, The Washington Post, The Wall Street Journal memasukkan Atonement dalam Top 10 List kritik film mereka. Sewaktu dirilis di Inggris dan Irlandia, film ini meraup pendapatan kotor sebesar 11,557,134 poundsterling dan sampai bulan Maret 2008 film ini telah mengumpulkan pendapatan kotor sebesar 50,403,520 US Dollar untuk peredaran di Amerika dan 122,873,627 US Dollar untuk peredarannya di seluruh dunia.

MPAA (Motion Pictures Association of Amerika) memberi rating "R" (Restricted) atau khusus untuk dewasa karena adegan percintaan dan seks.
.::Artikel Menarik Lainnya::.

1 komentar:

  1. one of best films of the decade. novelnya pun dinobatkan sebagai "novel terindah abad ini".....

    BalasHapus

 

blogger templates | Make Money Online